RADIO REPUBLIK INDONESIA MALANG

AWAL MULA SIARAN RADIO DI INDONESIA
Siaran radio di Indonesia pertama kali dikenal masyarakat sekitar tahun 1920 sejalan dengan perkembangan penjajahan Belanda di Indonesia saat itu. Belanda berhasi mendirikan pemancar radio telegraf di negeri Belanda, kemudian ditingkatkan menjadi radio telefoni. Lama kelamaan keinginan untuk menyelenggarakan radio pertama di Indonesia pada tanggal 16 Juni di Batavia dengan nama Bataviasche Radio Vereniging (BRV). di kota-kota yang dianggap strategis secara politik maupun ekonomi seperti Bandung, Cirebon, Surabaya, dan Malang didirikan stasiun relay.

LAHIRNYA RADIO REPUBLIK INDONESIA
Pada masa pendudukan Jepang, pemerintah militer sepenuhnya mengendalikan media komunikasi massa sebagai salah satu alat propaganda, Khususnya mengenai radio siaran, baik swasta maupun semi pemerintah, maka pemerintah Jepang mendirikan badan yang mengurus dan menyelenggarakan siaran radio di pusat maupun di daerah-daerah. Badan ini bernama Hosokyokaki yang berada di Jakarta, Bandung, Purwekerto, Semarang, Solo, Surabaya dan Malang. Pada Tanggal 19 Agustus 1945, semua siaran Hosokyokaki dihentikan oleh pemerintah Jepang. Kemudian orang-orang siaran radio berinisiatif untuk mengaktifkan kembali siaran radio sebagai komunikasi pemerintah Indonesia dengan rakyat. Karena alat-alat lain seperti telepon, telegraf, pres dan lain-lain selain kurang cepat dan masalah sistem pemancarnya juga mudah terputus oleh pertempuran. Setelah beberapa pertemuan dengan pihak pemerintah, maka pada tanggal 11 September 1945, dilegasi sebuah ruang siap di gedung Radd Van Idie Penjoboan. Dalam rapat tersebut diambil beberapa keputusan dengan menetapkan:

* tanggal 11 September 1945 ditetapkan sebagai hari berdirinya Radio Republik Indonesia (RRI)
* Dr. Abdul Rahman sebagai Pimpinan Umum RRI
* Delapan Studio yang ada (Jakarta, Purwakarta, Yogyakarta, Surakarta, Semarang, Surabaya, dan Malang) sebagai Cabang Radio Republik Indonesia Pertama.


LAHIRNYA RRI STASIUN REGIONAL MALANG
Pada pembangunan pertama pemerintah Indonesia, Malang juga ikut aktif untuk menunjang pembangunan, apalagi sejak zaman kemerdekaan dan satu bulan setelah itu, tepatnya 11 september 1945 lahirnya RADIO REPUBLIK INDONESIA (RRI), dan RRI Regional II Malang adalah salah satu bagian dari Radio Republik Indonesia yang keberadaanya memiliki sejarah yang HEROIK. Sejarah berdirinya RRI Regional II Malang ini terdiri dari empat periodik:


1. Zaman Penjajahan Belanda
(NIRON dan GOLDBERG) Sebenarnya sebelum bangsa Indonesia memasuki Zaman kemerdekaan, di Malang sudah ada stasiun radio dengan nama NIROM (Netherland Indische Radio Omrep) yang berlokasi di jalan Cilaket (Sekarang Jl. Jaksa Agung Suprapto) sedangkan radio Goldberg, bertempat di Toko Goldberg (sekarang Jl. Basuki Rahmat/Kayutangan). NIROM dan GOLDBERG berdiri di kota Malang sekitar tahun 1936-1941.

2. Zaman Penjajahan Jepang
(Malang Hosokyokai) ketika Jepang berkuasa di Indonesia, setelah mengalahkan tentara belanda, juga menguasai stasiun radio dikota Malang. Dengan mendirikan pemancar radio dan membangun stasiun eks Belanda, yang terletak di Jl. Betek (sekarang Jl. Mayjen Pandjaitan). Dimasa pendudukan Jepang, radio yang dibangun dinamakan HOSOKYOKAI dipimpin oleh Inokawa, sedang pimpinan teknik adalah Mayda, siarannya adalah Ishikawa. Dari sinilah masa perjuangan Radio Republik Indonesia yang diberi nama siaran Radio Republik Indonesia. Dengan peralatan bekas pemerintah Jepang itulah siaran-siaran radio ini sangat membantu untuk perjuangan di kota Malang. Namun karena beberapa cobaan yang merupakan hambatan, menjadikan siaran radio ini tidak selancar yang diharapkan, terutama karena adanya Clash I dan Clash II oleh Belanda.

3. RRI di zaman perjuangan Kemerdekaan
Setelah pecahnya Clash I dan Clash II yang dilancarkan pihak belanda hampir dikatakan RRI Malang mendapat satu tuntutan yaitu ikut mengorbankan semangat juang bangsa. Pada tahun 1974, Pemancar daerah Malang selalu berpindah-pindah dari satu tempat ke tempat lain. Pada saat itu didirikan sebuah pesawat TB di kepanjen dengan kekuatan 60 Watt, akan tetapi tidak bertahan lama karena adanya gerakan bumi hangus sehingga harus pindah ke Blitar, dengan nama RRI cabang Malang di Blitar. Siarannya diadakan dengan gelombang 113 m, dengan panggilan YDO (Call Sign). Meskipun menggunakan pemancaran dan diesel yang kecil namun siarannya dapat ditangkap dengan baik, sehingga dapat mempengaruhi lawan, akibatnya stasiun RRI Malang dicari oleh pihak Belanda.

4. RRI Malang Kembali Mengudara Sekitar Tahun 1962
Sekitar tahun 1962 dilakukan percobaan untuk mendirikan stasiun radio Malang atas bantuan dari PHB DAN VIII Brawijaya (Sekarang disebut HUB DAM V Brawijaya Malang) dengan sebuah pemancar RCA yang diperkuat dengan amplifier bermerek givson yang berkekuatan 60 Watt Output. Pada peringatan ulang tahun ke-18 Divisi Brawijaya Sojited di Jl. Creme 16 Malang. Setelah ulang tahun divisi usai maka pemerintah daerah Malang membentuk suatu panitia yang bertugas untuk mengambil alih dengan persetujuan divisi Brawijaya. Usaha ke pusat terus diperjuangkan sehingga akhirnya dengan surat Direktorat Radio dan Televisi tanggal 28 Desember 1963 nomor 1154/0.t/sec/1963 tentang radio RRI dan Televisi di kota Malang. Akhirnya pada bulan september 1965, RRI Persiapan diresmikan dengan nama RRI STUDIO MALANG oleh Kepala Stasiun RRI Surabaya.


RRI CABANG PRATAMA DI ERA REFORMASI
Dalam era reformasi RRI Malang berubah menjadi Perjan RRI Cabang Pratama Malang dibawah Departemen Keuangan, sesuai dengan SK nomor: 07/KEPDIRUT/2001, tanggal 20 April 2001. Sedangkan dalam pelaksanaan operasi sehari-hari, Lembaga Penyiaran Publik RRI Cabang Pratama Malang dipimpin ileh seorang kepala cabang dan dibantu oleh beberapa manager.

RRI BERUBAH DARI PERUSAHAAN JAWATAN (PERJAN) MENJADI LEMBAGA PENYIARAN PUBLIK (LPP)
Dengan Terbitnya UU No.32 Tahun 2002 tentang penyiaran dan peraturan pemerintah No.11 Tahun 2005 tanggal 18 Maret 2005 tentang penyelenggaraan Lembaga Penyiaran Publik serta Peraturan Pemerintah No.12 Tahun 2005 tanggal 18 maret 2005 tentang penyelenggaraan Lembaga Penyiaran Publik, maka RRI secara keseluruhan berubah status menjadi LPP terhitung mulai tanggal 18 Maret 2005.

1 comments:

Rudiwan Bahar (rudiwanbahar@gmail.com) said...

Salam.
Sekedar kenangan pribadi bhw ayah saya, Zainoel Bahar (alm thn 97), pernah menjadi Kepala bag. Siaran RRI Malang n kemudian menjadi Kepala RRI Malang, thn 1951.
Sbg keluarga besar RRI, sayamerasa bangga atas segenap aktifitas n kegiatan RRI Malang.
Bravo!

Rudiwan Bahar (rudiwanbahar@gmail.com)

Post a Comment